0


“Duh susah banget sih hidup sehat, ini itu dilarang.”
            Kata siapa hidup sehat itu ribet? Hidup sehat bahkan tak harus mengeluarkan banyak uang. Beberapa tindakan simple bisa dijadikan usaha untuk hidup sehat.
1. Minum air putih cukup
Air merupakan zat terbesar penyusun tubuh kita. Kekurangan air sangat berpengaruh pada kinerja organ. Tubuh akan memberikan sinyal pada kita saat sedang kekurangan cairan. Antara lain bisa dengan warna urine yang pucat, bibir kering, hilangnya konsentrasi dan sedikit BAK. Penelitian dari beberapa ahli menyebut bahwa kebutuhan tubuh akan air putih berbeda, tergantung dari aktivitas kita sehari-hari. Pada umumnya kebutuhan air antara 2,7-3 liter air putih. Pemenuhan cairan yang cukup juga bisa membuat kulit kita lebih lembab dan bersinar loh.
2. Istirahat cukup
Setelah seharian beraktivitas, tubuh juga membutuhkan istirahat yang cukup. Tubuh yang dipaksa terus bekerja, akan memberikan efek lebih buruk bagi kesehatan. Pemulihan metabolisme pada tubuh dapat dilakukan dengan tidur kurang lebih 6 jam.
3. Olahraga teratur
Olahraga yang dimaksud tidak harus ditempat yang membutuhkan biaya mahal seperti gym atau pun harus menggunakan peralatan mahal. Kegiatan sehari-hari juga bisa dijadikan sebagai olahraga. Lari kecil sepuluh menit cukup untuk membakar kalori dalam tubuh. Tubuh yang kurang berolahraga bisa membuat tubuh kurang segar sehingga dapat mengganggu konsentrasi. Penelitian menyebutkan berolahraga teratur setiap hari membawa manfaat yang luar biasa bagi kesehatan kita, termasuk peningkatan rentang hidup, menurunkan risiko penyakit kronis, peningkatan kepadatan tulang, dan menjaga berat badan agar tetap ideal.
4. Donor Darah rutin
Kegiatan donor darah merupakan kegiatan yang baik bagi tubuh jika dilakukan secara rutin. Selain bisa beramal dengan 480 ml darah yang terambil, donor darah juga dapat mencegah berbagai penyakit yang mengintai di keseharian kita. Bagi perempuan dianjurkan untuk donor darah setiap 16 minggu, sedangkan untuk laki-laki 12 minggu atau sekitar 3 bulan sekali. Baca juga : Manfaat donor darah 
5. Makan buah dan sayur
Kandungan vitamin yang terdapat di buah dan sayuran segar dapat membantu tubuh untuk mengganti sel-sel tubuh yang rusak. Sehingga buah dan sayur berperan sebagai antioksidan bagi tubuh. Rutin konsumsi buah dan sayuran lebih baik dari pada konsumsi vitamin sintetis yang dijual bebas. Akan tetapi kebanyakan dari kita kurang menyukai untuk gemar makan buah dan sayur.
6. Kontrol konsumsi gula
Gula juga diperlukan oleh tubuh sebagai energi untuk melakukan aktifitas sehari-hari. Akan tetapi, konsumsi gula yang berlebihan tentunya dapat mengundang penyakit kronis lainnya. Dewasa ini, takaran gula yang dikonsumsi dirasa melebihi ambang batas dari kebutuhan dalam tubuh. Pengendalian konsumsi gula bisa menurunkan angka kejadian diabetes. Oleh sebab itu, konsumsi gula yang terkontrol sangat penting sebagai penunjang kesehatan.
7. Kendalikan stress
Stess adalah salah satu pemicu terjadinya suatu penyakit. Stress atau tekanan yang berlebihan dapat melemahkan imunitas tubuh sehingga tubuh menjadi mudah terserang infeksi. Kebanyakan penyakit dipicu oleh stress. Pengendalian stressor  yang tepat sangat dibutuhkan oleh tubuh.
8. Cuci tangan sebelum dan sesudah
Perilaku cuci tangan adalah bagian dari pengendalian penyakit sebagai langkah awal mencegah masuknya bakteri kedalam tubuh. Untuk lebih efektif, cuci tangan dapat dilakukan dengan sabun dan air mengalir. Waktu untuk cuci tangan tidak hanya dilakukan sebelum dan sesudah makan saja. Beberapa hal sepele juga harus diawali dan diakhiri dengan perilaku cuci tangan. Misalnya memegang gadget, tidak ada yang menjamin gadget yang kita sentuh terhindar dari kuman penyakit yang mengancam. Penelitian menyebutkan, kuman penyakit yang ada di gadget lebih banyak dari pada yang ada di kloset. Oleh sebab itu cuci tangan sangat perlu sebagai proteksi dini untuk hidup sehat.
Hidup sehat itu simple. Bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Menjalankan pola hidup sehat tak selalu harus merogoh kantong dalam-dalam. Cukup lakukan hal sederhana secara disiplin, maka tubuh kita akan lebih bugar. Simak artikel kesehatan lainnya di Doktersehat

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke blog bidan Anisah, Semoga bermanfaat :)

 
Top