6
Being a professional blogger soon...
    Awalnya aku tak menyukai menulis apalagi membaca, kurasa menggambar lebih menyenangkan dari pada menyusun rentetan kata dengan makna yang mesti harus dicerna sel-sel otak. Menulis di blog juga sebatas berbagi cerita pengalaman dan curahan dari sesosok remaja labil sepertiku yang belum memaknai kehidupan.

    Namun, setelah saya mengikuti kelas belajar menulis artikel bareng Kak Wildan Fuady ( Tahukan Wildan Fuady yang penulis buku itu lho..) pada tanggal 23 Februari 2019 jam 20.00 WIB melalui grup whatsapp, saya mulai berkeinginan untuk memanfaatkan blog saya menjadi blog yang lebih profesional. 
 Apa saja yang dibahas?
    Pembahasan yang diberikan dalam kelas meliputi cara belajar membuat blog, manfaat yang didapat dari blog, siapa saja orang-orang yang sukses dari blog, URL yang sebaiknya digunakan untuk blog agar mudah diingat pembaca, dan tentunya cara agar blog kita terlihat menarik bagi pengunjung blog.
Semua berawal dari keyakinan
         Untuk tutorial membuat blog saya rasa sudah sangat banyak disediakan di google. Domain sebagai penyedia sarana yang menampung karya tulis kita sangat banyak tersedia di internet. Kita bisa menggunakan blogspot, wordpress, tumblr dan sebagainya. Namun yang lebih umumnya dipakai untuk artikel yaitu blogspot dan wordpress.
      
      Dari pembelajaran tersebut saya jadi paham mengenai manfaat dari blog, diantaranya:

  • Sebagai branding terhadap diri kita. Dari blog yang kita kelola, tentu akan menggambarkan profil diri sehingga orang yang membacanya mengetahui siapa kita tanpa harus kita menjelaskan panjang lebar. Orang bijak mengatakan, kamu adalah apa yang kamu tulis. Jadi kualitas diri kita bisa dinilai dari tulisan yang kita hasilkan. (mungkin begituu).
  • Sebagai usaha melalui blog. Menjadikan blog sebagai fasilitas promosi kita dalam mengembangkan usaha yang dimiliki. Nah ada teknik penjualan juga dengan blog yang nantinya akan dibahas di level selanjutnya oleh kak Wildan Fuady.
  • Untuk memperluas relasi dengan komunitas di blog. 
Dokumentasi pribadi--Sesuatu yang besar berawal dari hal-hal kecil

     Orang yang sukses tentunya berawal dari hal-hal kecil. Seperti beberapa orang terkenal yang sukses melalui blog, contohnya kak Wildan Fuady. Dan aku ingin menjadi orang selanjutnya yang akan tampil bersama dengan blogku. Aamiin.

    Tentunya masih banyak lagi ilmu yang sangat keren dari kak Wildan Fuady. Saya harap kedepannya bisa dijadikan pembelajaran dan diberikan kesempatan belajar lebih bersama kak Wildan Fuady.

Posting Komentar

  1. Barakallah semoga Istiqomah, semangaaat

    BalasHapus
  2. Hmm,...

    Tujuannya sudah baik, tapi alangkah lebih baik juga sebagai jalan untuk dakwah juga.

    Insya Allah, setiap ilmu yang didapat dari pembaca. Maka mengalir pahala buat penulis untuk bekal nantinya.

    Insya Allah, ketika "Membaca membuka peradaban, maka Menulis adalah Memahat Peradaban."

    BalasHapus
  3. Bahasa yg digunakan formal bgt ya nis :). Pembaca sdh paham akan maksud yg disampaikan.
    Semangat ya. Semoga bisa istiqomah dlm menulis karya terbaik dan memberi inspirasi utk yg lain. Aamiin

    BalasHapus
  4. Mantaps artikelnya mbak Anis, terus lanjutkan karyanya, semangat...

    BalasHapus
  5. Artikel yang bermanfaat. Semangat👍

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke blog bidan Anisah, Semoga bermanfaat :)

 
Top